Laporan Praktikum Bahasa Pemrograman1 - Modul 3
MODUL 3
STATEMENT PERCABANGAN
Disusun Untuk Memenuhi Tugas Praktikum Bahasa
Pemrograman 1
Dosen : Dede Irawam, M.Kom
Fitri Nurhayati
20160910015
SI 2016 A
SISTEM INFORMASI
FAKULTAS ILMU KOMPUTER
UNIVERSITAS KUNINGAN
2017
KATA PENGANTAR
Alhamdulillah, puji syukur kehadirat Allah SWT atas
rahmat dan
karunia-Nya yang diberikan kepada kita
semua sebagai umatnya. Saya dapat menyusun makalah dengan judul “STATEMENT PERCABANGAN” untuk memenuhi tugas mata kuliah Bahasa Pemrograman 1.
Makalah yang disusun untuk mempelajari lebih
detail mengenai statement percabangan
dalam bahasa pemrograman java. Saya berharap informasi yang saya dapatkan
tidak hanya untuk saya sendiri melainkan untuk para pembaca sebagai ilmu untuk
menambah wawasan.
Dalam kesempatan ini saya mengucapkan terima
kasih, semoga makalah ini dapat memberikan kontribusi positif dan memberikan
manfaat dalam hidup kita nantinya. Dari lubuk hati yang paling dalam, sangat
disadari bahwa makalah yang saya buat
masih jauh dari sempurna. Oleh sebab itu tidak ada salahnya saya mengharapkan berbagai kritik
dan saran yang membangun untuk lebih baik kedepannya.
Kuningan, 11
November 2017
Penulis
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG
1.2 RUMUSAN MASALAH
1.3 TUJUAN PENULISAN
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 STRUKTUR KONTROL PERCABANGAN
2.1.1
STSTEMENT IF
2.1.2
STSTEMENT IF-ELSE
2.1.3
STSTEMENT IF-ELSE-IF
2.1.4
STSTEMENT SWITCH CASE
2.2 KENDALI PERCABANGAN PADA JAVA
2.3 POST TEST
BAB III
PENUTUP
3.1
ANALISIS
3.2
KESIMPULAN
3.3
DAFTAR PUSTAKA
BAB I
PENDAHULUAN
A.
LATAR BELAKANG
Bahasa pemrograman merupakan
suatu bahasa komputer atau perintah yang
dibuat manusia untuk membuat komputer menjadi memiliki fungsi tertentu. Bahasa
pemrograman ini adalah suatu susunan aturan penulisan (sintaks) yang membentuk
kode-kode yang kemudian akan diterjemahkan oleh program kompiler menjadi bahasa
rakitan (assembly) dan terus diolah hingga dimengerti oleh mesin. Komputer
hanya mengerti bahasa mesin. Bagi pemula, belajar bahasa pemrograman memang sulit,
namun bukan berarti itu penghalang bagi kita untuk enggan belajar. Hal itu
dikarenakan tidak semua orang mempunyai pemikiran dan kreativitas yang sama
sehingga daya nalar terhadap sebuah bahasa pemrograman didapatkan hasil yang
berbeda–beda untuk setiap orang. Teknologi komputer kini sudah menyusupi hampir
semua bidang kehidupan manusia, dari pemerintah pusat sampai tingkat pemerintah
desa, perusahaan-perusahaan, supermarket, minimarket dan perguruan tinggi
hampir semuanya mengenal komputer. Saat ini, yang mempunyai lingkungan yang
semakin luas dan banyak diminati, juga dapat digunakan untuk menghasilkan uang
adalah dunia pemrograman komputer. Dalam dunia pemrograman komputer, dikenal
banyak bahasa pemrograman, seperti C, C++, Pascal, Basic, Java, dan lain- lain.
Di antara banyaknya bahasa pemrograman, Java adalah salah satu yang paling
diminati. Oleh karena itulah, yang akan dibahas dalam makalah ini adalah bahasa
pemrograman Java.
B.
RUMUSAN MASALAH
- Apa yang dimaksud percabangan dalam Java?
- Apa saja bagian dalam percabangan Java?
- Bagaimana membuat program percabangan Java?
C.
TUJUAN
1.
Memahami percabangan dalam Java
2.
Memahami bagian dalam percabangan Java
3.
Membuat program percabangan Java
BAB II
PEMBAHASAN
A. STRUKTUR KONTROL PERCABANGAN
Struktur kontrol percabangan
adalah pernyataan dari Java yang mengijinkan user untuk memilih dan
mengeksekusi blok kode spesifik dan mengabaikan blok kode yang lain.
Jenis
Percabangan pada Java terdiri dari :
1.
Statement If
2.
Statement If-else
3.
Statement If-else-if
4.
Statement Switch case
1.
Percabangan IF
Percabangan if akan
menentukan sebuah pernyataan (blok kode) yang akan dieksekusi jika memenuhi
syarat atau kondisi tertentu. Sintaks statementnya adalah sebagai berikut :
if(kondisi){
statement;
}
atau
if
(kondisi){
Statement1;
Statement2;
....
}
Flowchart
Statement IF
Contoh
Program IF
import
java.util.Scanner;
public
class statement_if {
public static void main(String[] args) {
int belanja = 0;
Scanner scan = new Scanner(System.in);
System.out.print("Total Belanjaan
Rp ");
belanja = scan.nextInt();
if ( belanja > 100000 ) {
System.out.println("Selamat,
anda mendapatkan hadiah");
}
System.out.println("Terima
kasih...");
}
}
Running
Program
2.
Percabangan IF-ELSE
Percabangan if-else hampir sama
dengan percabangan if. Hanya saja yang membedakan pada percabangan if-else ini
adalah terdapat penambahan pernyataan untuk kondisi yang bernilai salah
(false). Sintaks statementnya adalah sebagai berikut :
if
(boolean_expression){
//eksekusi jika kondisi benar
statement1;
}else{
//eksekusi jika kondisi salah
statement2;
}
Flowchart
Statement IF-ELSE
Contoh
Program IF-ELSE
import
java.util.Scanner;
public
class if_else {
public static void main(String[] args) {
int nilai;
String nama;
Scanner scan = new Scanner(System.in);
System.out.print("Nama : ");
nama = scan.nextLine();
System.out.print("Nilai : ");
nilai = scan.nextInt();
if( nilai >= 70 ) {
System.out.println("Selemat
" + nama + ", Anda LULUS");
} else {
System.out.println("Maaf
" + nama + ", Anda GAGAL");
}
}
}
Running
Program
3.
Percabangan
IF-ELSE-IF
Percabangan pada bagian kondisi else
dari blok if-else dapat menjadi struktur if-else yang lain.
Kondisi struktur seperti ini mengijinkan kita untuk membuat seleksi persyaratan
yang lebih kompleks. Sintaks statementnya adalah sebagai berikut :
if(
boolean_expression1 ) {
statement1;
}else
if( boolean_expression2 ){
statement2;
}else{
statement3;
}
Catatan :
kita dapat
memiliki banyak blok else-if sesudah pernyataan if. Blok else bersifat
opsional dan dapat dihilangkan. Pada contoh yang ditampilkan di atas, jika
boolean_expression1 bernilai true, maka program akan mengeksekusi statement1
dan melewati pernyataan yang lain. Jika boolean_expression2 bernilai
true, maka program akan mengeksekusi statement2 dan
melewati statement3.
Flowchart Statement IF-ELSE-IF
Contoh
Program IF-ELSE-IF
import
java.util.Scanner;
public
class IF_ELSE_IF {
public static void main(String[] args) {
int nilai;
String grade;
Scanner scan = new Scanner(System.in);
System.out.print("Inputkan nilai:
");
nilai = scan.nextInt();
if ( nilai >= 90 ) {
grade = "A";
} else if ( nilai >= 80 ){
grade = "B+";
} else if ( nilai >= 70 ){
grade = "B";
} else if ( nilai >= 60 ){
grade = "C+";
} else if ( nilai >= 50 ){
grade = "C";
} else if ( nilai >= 40 ){
grade = "D";
} else {
grade = "E";
}
System.out.println("Grade: "
+ grade);
}
}
Running Program
4.
Percabangan Switch-Case
Percabangan
Switch-Case sebenarnya adalah bentuk
lain dari IF/ELSE/IF. Bedanya, percabangan ini menggunakan kata kunci switch
dan case. Formatnya juga berbeda, tapi cara kerjanya sama. Sintaks penggunaannya adalah sebagai berikut :
switch
(ekspresi){
case (kondisi1):
..statement1; //eksekusi perintah
break; //untuk menghentikan
case
(kondisi2):
..statement2; //eksekusi perintah
break; //untuk menghentikan
case
(kondisi3):
..statement3; //eksekusi perintah
break; //untuk menghentikan
default;
..default statement; //eksekusi perintah
break;
}
Perlu
diperhatikan juga bahwa terdapat kata kunci break dan default.
- break artinya berhenti. Ini untuk memerintahkan komputer untuk berhenti mengecek case yang lainnya.
- default artinya jika nilai variabel tidak ada yang sama dengan pilihan case di atas, maka kerjakan kode yang ada di dalam default.
Pilihan default bisa juga tidak memiliki break, karena dia adalah pilihan
terakhir. Artinya pengecekan akan berakhir di situ.
Catatan:
Pernyataan switch akan mencari nilai
ekspresi yang sesuai dengan nilai-nilai yang didaftarkan pada pernyataan case. Jika salah satu nilai ditemui,
maka program akan melompat ke cabang case
tersebut dan melakukan perintah yang terdapat disana. Jika tidak ditemui, maka
program akan melompat ke perintah yang terdapat pada pernyataan default.
Flowchart
Statement Switch-Case
import
java.util.Scanner;
public
class switch_case {
public static void main (String[] args){
int angka;
Scanner scan = new Scanner (System.in);
System.out.print("Masukan Angka =
");
angka = scan.nextInt();
switch (angka){
case 1:
System.out.println("Hari
Senin");
break;
case 2:
System.out.println("Hari
Selasa");
break;
case 3:
System.out.println("Hari
Rabu");
break;
case 4:
System.out.println("Hari
Kamis");
break;
case 5:
System.out.println("Hari
Jumat");
break;
case 6:
System.out.println("Hari
Sabtu");
break;
case 7:
System.out.println("Hari
Minggu");
break;
default:
System.out.println("Angka Yang
Anda Masukan Tidak Ada Yang Sesuai");
break;
}
}
}
Running
Program
Bahasa Java menyediakan beragam
kendali percabangan tidak lokal, yaitu: break,return, dan continue.
- Statement Break
Java tidak memiliki pernyataan goto. Penggunaan goto
di bahasa pemrograman lain adalah cara untuk mencabang secara sembarang,
yang membuat program sulit untuk dimengerti dan mengurangi optimasi compiler
tertentu. Namun, ada beberapa keadaan dimana goto berguna
dan bentuk yang sah untuk pengaturan program.
Pernyataan break pada Java dirancang untuk mengatasi semua kasus
tersebut. Istilah break mengacu pada proses memecahkan blok program.
Proses tersebut memerintahkan runtime untuk menjalankan program di
belakang blok tertentu. Untuk dapat ditunjuk, suatu blok diberi nama, dan Java
memiliki bentuk label untuk menyatakan nama suatu blok.
Contoh
Penggunaan Break
public
class Break {
public
static void main(String[] args){
boolean
t =true;
a:
{
b: {
c: {
System.out.println("Sebelum
break");
if (t)
break b;
System.out.println("Ini
tidak akan dieksekusi");
}
System.out.println("Ini tidak
akan dieksekusi");
}
System.out.println("Ini adalah
setelah b");
}
}
}
2.
Statement Return
Java
menggunakan bentuk sub-rutin yang disebut method untuk
mengimplementasikan antarmuka procedural ke kelas objek. Setiap saat dalam method
dapat digunakan pernyataan return yang menyebabkan eksekusi mencabang
kembali ke pemanggil method
Contoh
Penggunaan Return
public
class return1 {
public static void main(String[] args){
boolean t = true;
System.out.println("Sebelum
Return");
if (t)
return;
System.out.println("Ini tidak akan
dieksekusi");
}
}
C.
POST TEST
Buatlah
program untuk menghitung gaji aryawan sebuah perusahaan dengan gaji pokok
ditentukan berdasarkan Golongan dan Masa kerja
Golongan
|
Masa
Kerja
|
Gaji
Pokok
|
I
|
0
s/d 2
|
1500000
|
3
s/d 5
|
2500000
|
|
>5
|
3500000
|
|
II
|
0
s/d 2
|
2000000
|
3
s/d 5
|
3000000
|
|
>5
|
4000000
|
Tunjangan
yang diberikan berupa tunjangan istri dan tunjangan anak dimana tunjangan istri
2,5% / orang dan tunjangan anak 5% / anak sampai anak ke 3. Inputan yang
dimasukan nik, nama, jenis kelamin, status pernikahan, jumlah istri dan jumlah
anak.
Sintaks
program
package
modul_03;
import
java.util.Scanner;
public
class post_test {
public static void garis(){
for(int i = 1; i<=140; i++){
System.out.print("-");
}
System.out.println("");
}
public static void main(String[] args) {
Scanner scan = new Scanner(System.in);
Scanner in = new Scanner(System.in);
long
m_kerja=0,nik, jl_istri=0,jl_anak=0;
double gapok=0, tj_istri=0, tj_anak=0,
total=0, status=0;
int gol;
String nama,gender,temp=null;
System.out.print("NIK \t\t=
");
nik = in.nextLong();
System.out.print("Nama \t\t=
");
nama = scan.nextLine();
System.out.print("Jenis Kelamin
[L/P] = ");
gender = scan.nextLine();
System.out.print("Setatus
Pernikahan [1.Nikah / 2.Single] = ");
status = in.nextDouble();
if(status == 1){
System.out.print(" Istri \t\t
= ");
jl_istri = in.nextLong();
System.out.print(" Anak [max
3] \t = ");
jl_anak = in.nextLong();
temp = " Nikah ";
}
else if(status == 2){
System.out.print(" Anak [max
3] \t = ");
jl_anak = in.nextLong();
temp = " Single ";
}
System.out.print(" Golongan
[1/2] = ");
gol = in.nextInt();
switch(gol){
case 1 :
if(m_kerja<=2){
gapok = 1500000;
tj_istri =
jl_istri*(gapok*0.025);
tj_anak = jl_anak * (gapok
*0.05);
total = gapok + tj_istri +
tj_anak;
}
else if((m_kerja>=2)
&& (m_kerja<5)){
gapok = 2500000;
tj_istri =
jl_istri*(gapok*0.025);
tj_anak = jl_anak * (gapok
*0.05);
total = gapok + tj_istri +
tj_anak;
}
else if(m_kerja>5){
gapok = 3500000;
tj_istri =
jl_istri*(gapok*0.025);
tj_anak = jl_anak * (gapok
*0.05);
total = gapok + tj_istri + tj_anak;
}
break;
case 2 :
if(m_kerja<=2){
gapok = 2000000;
tj_istri =
jl_istri*(gapok*0.025);
tj_anak = jl_anak * (gapok
*0.05);
total = gapok + tj_istri +
tj_anak;
}
else if((m_kerja>=2)
&& (m_kerja<5)){
gapok = 3000000;
tj_istri =
jl_istri*(gapok*0.025);
tj_anak = jl_anak * (gapok
*0.05);
total = gapok + tj_istri +
tj_anak;
}
else if(m_kerja>5){
gapok = 4000000;
tj_istri =
jl_istri*(gapok*0.025);
tj_anak = jl_anak * (gapok
*0.05);
total = gapok + tj_istri +
tj_anak;
}
break;
}
garis();
System.out.println("NIK \t\tNama
\t\tJenis Kelamin\tStatus Pernikahan\tGaji pokok \tTunjangan Anak \t Tunjangan
Istri Total");
garis();
System.out.print(nik+"\t"+nama+"
\t"+gender+"\t\t"+temp);
System.out.print("\t\t\t"+gapok+"
\t"+tj_anak+"\t"+tj_istri+"
\t"+total);
System.out.print("\n");
}
}
Running Program
BAB III
PENUTUP
A.
ANALISIS
- Public Class ‘Nama Java Class’ { : Heading dari aplikasi java yang jika di ubah, maka aplikasi akan error atau tidak berjalan
- Public Static Void Main (String [] args) { : semacam pengantar dalam apliksi java / pembuka argument
- (String [] args) { : String (semua karakter dalam masuk ke dalamnya), args (argumen)
- If / Switch : pernyataan percabangan dalam Java
- “;” : titik koma sebagai tanda berakhirnya suatu baris
- out.println : sebagai baris teks, yang isinya akan di jalankan
B. KESIMPULAN
Pada
program java percabangan, kita diajarkan untuk membuat program yang
memiliki statement lebih dari satu dan berupa pemilihan. jadi, kita dapat
memilih statement manakah yang akan digunakan
Dalam
membuat suatu program, penggunaan statement if atau statement switch adalah
sebuah keputusan. Anda dapat menentukan yang mana yang akan dipakai berdasarkan
kemudahan membaca program dan faktor-faktor yang lain.
Statement if dapat digunakan untuk membuat keputusan berdsarkan rentang nilai tertentu atau kondisi tertentu, sedangkan statement switch membuat keputusan hanya berdasarkan nilai unique (unik) dari integer atau character.
Statement if dapat digunakan untuk membuat keputusan berdsarkan rentang nilai tertentu atau kondisi tertentu, sedangkan statement switch membuat keputusan hanya berdasarkan nilai unique (unik) dari integer atau character.
DAFTAR
FUSTAKA
Komentar
Posting Komentar